Teleskop NASA Hubble Temukan Galaksi Terjauh



Teleskop NASA Hubble Temukan Galaksi TerjauhTeleskop NASA Hubble Temukan Galaksi Terjauh (Foto: Eurekalert)
CALIFORNIA - NASA baru-baru ini menemukan galaksi terjauh melalui bantuan teleskop luar angkasa Hubble. Galaksi ini dinamakan Abell 2744 yang memiliki jarak lebih dari 13 miliar tahun cahaya.

Dilansir Eurekalert, Jumat (17/10/2014), ilmuwan NASA menemukan galaksi terjauh Abell 2744 melalui perangkat kaca pembesar kosmik, Hubble. Galaksi terjauh ini kabarnya bisa memberikan informasi mengenai terbentuknya awal alam semesta.

"Galaksi ini ialah sebuah contoh dari apa yang diduga menjadi (informasi yang) melimpah, benda samar yang ada sekira 500 juta tahun setelah big bang, awal alam semesta," tutur Adi Zitrin dari California Institute of Technology in Pasadena, California.

Ia mengatakan, temuan ini memberikan pengetahuan mengenai galaksi terjauh yang pernah ada di alam semesta. "Kami harus lanjut mempelajari mereka (galaksi terjauh), sehingga kami bisa memahami bagaimana galaksi dan alam semesta berevolusi dari waktu ke waktu," terangnya.

Galaksi ini terdeteksi oleh program Frontier Fields, sebuah upaya ambisius selama tiga tahun oleh tim Hubble dengan NASA Spitzer Space Telescope dan Chandra X-ray Observatory. Konon, cluster galaksi Abell 2744 memiliki panjang 850 tahun cahaya atau 500 kali lipat lebih kecil dibandingkan galaksi Bima Sakti.

Cluster galaksi tersebut juga diprediksi memiliki 40 juta matahari. Sementara galaksi Bima Sakti, memiliki beberapa ratus miliar matahari. Galaksi mampu membentuk satu bintang baru setiap tiga tahun, sedangkan untuk galaksi Bima Sakti, mampu membentuk satu bintang per tahun.
(ahl)

Comments